Tips Memilih Sewa Ruko Murah

  • 3 min read
  • Feb 08, 2021
Sewa Ruko Murah

Sewa ruko murah memang tidak sulit ditemukan, apalagi properti pada masa pandemi ini memang sedang banting harga. Tapi menemukan ruko yang tepat memang tidak mudah, apalagi ruko adalah properti krusial untuk bisnis Anda di masa yang akan datang.

Ruko sejatinya harus menjadi tempat yang menarik pengunjung, nyaman bagi pekerja, dan area yang pas untuk berkreasi. Bisnis membutuhkan tempat yang tepat agar terus berkembang, berinovasi, dan menguntungkan maka dari itu jangan sepelekan ruko yang kelak Anda kelola.

Meskipun terkesan ‘hanya sekedar tempat’ namun kelak pelanggan akan menganggap tempat yang Anda sewa ini menjadi identitas Anda. Secara mindset dan memori pelanggan akan terkenang bahwa ruko yang Anda sewa meninggalkan kesan tersendiri. Kualitas produk atau barang komoditas juga penting, tapi ruko seperti wajah usaha Anda kepada pelanggan. Maka dari itu Anda perlu cermat memilih ruko yang tepat.

Lokasi

Sejak zaman sekolah ada penafsiran Ilmu Ekonomi yang menyarankan ‘jika ingin komoditas dagang murah, lebih baik dekat dengan bahan baku’. Ada pula prinsip pemasaran yang paling dasar yakni 4P yang terdiri dari 4P place (tempat), produk, price, dan promotion. Jika dilihat dari keempat faktor tersebut, tempat menjadi kunci yang tak kalah penting untuk memasarkan komoditas Anda. Sementara ada prinsip lain yang mengatakan bahwa jika tempat berjualan Anda dekat dengan bahan baku, justru barang akan menjadi murah.

Prinsip ekonomi itu bukan sekedar saran, tetapi jika berdekatan dengan sumber bahan baku artinya Anda tidak perlu membuang ongkos kirim untuk mengolahnya menjadi barang jadi. Saran kami, jika Anda menemukan ruko yang dekat dengan sumber bahan baku dan dekat dengan calon pelanggan maka ruko itu adalah tempat yang tepat untuk memulai usaha. Komoditi dagang Anda mungkin akan jauh lebih diperhitungkan daripada barang sejenis lainnya yang dijual di kota yang sama. Semakin dekat dengan pelanggan, semakin mungkin risiko barang dagangan Anda terjual sesuai target.

Fasilitas apa yang penting untuk usaha Anda?

Jenis usaha kuliner memiliki ruang yang berbeda dengan jual beli elektronik. Atau Anda ingin membuka usaha tour and travel? Bisa saja memulainya di ruko sedehana, tetapi Anda harus tahu kebutuhan secara detail. Anda bisa belajar dari menjamurnya coffe shop yang ada di Asia Tenggara, tidak sedikit diantara mereka yang tutup. Mungkin salah satu faktornya karena banyak diantara coffe shop yang memilih tempat terlalu kecil, padahal kopi dan hidangan yang dijual enak dan terjangkau. Sehingga terkadang tempat yang terlalu kecil merusak kenyamanan pengunjung. Peminat semakin berkurang dan akhirnya penjualan menurun. Dalam kasus ini mungkin ruang ruko yang luas sangat diperlukan untuk membangun bisnis coffee shop. Sehingga kenyamanan pelanggan tetap terjaga.

Jika hal itu tidak ingin terjadi kepada Anda, mungkin bisa memulainya dengan membuat konsep usaha. Sesederhana apapun usaha Anda, perencanaan yang matang akan mengurangi risiko kerugian.

Seimbangkan fasilitas dengan budget Anda

Seberapapun besar budget Anda untuk membangun usaha, alangkah lebih baik jika Anda memulainya dengan memangkas 50%. Misalnya jika budget awal Anda sebesar 500 juta rupiah, coba kurangi menjadi 250 juta rupiah sebagai uang simpanan untuk masa yang akan datang. Kita tidak pernah tahu kapan usaha Anda akan semakin lancar, atau menjadi semakin buruk. Setiap bidang usaha memiliki siklus dan tugas Anda menjaga siklus itu agar tetap stabil, sehingga tetap bisa beroperasi menggaji karyawan, membayar tagihan listrik, dll.

Pilih ruko dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, di lokasi yang sempurna, namun tidak terlalu mahal. Sewa ruko murah di lokasi yang tepat dengan penunjang bisnis yang mumpuni. Jika Anda harus berkorban lebih untuk membayar sewa ruko, pastikan Anda memperhatikan lebih detail keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kompetitor

Apakah ada kompetitor yang dekat dengan ruko yang akan Anda beli? Sebenarnya tidak masalah dengan hal itu selama Anda bersaing sehat. Mungkin Anda perlu belajar dari komunitas imigran Tiongkok yang membuka toko di area yang sama, padahal hampir masing-masing toko menjual barang yang sama. Dengan adanya kompetitor di dekat ruko, kemungkinan besar Anda dan kompetitor akan menjadi magnet dalam komoditas barang yang sama. Pelanggan secara langsung akan termindset untuk datang ke ruko Anda untuk mendapatkan barang, tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke toko yang lain.

Pertimbangkan seberapa jauh Anda perlu renovasi bangunan

Ketika Anda sudah merencanakan kebutuhan usaha, kemungkinan besar akan ada perubahan untuk menyempurnakan interior ruko. Perubahan struktural atau estetika untuk membuatnya berfungsi dan memberikan kesan pertama yang baik kepada calon pelanggan. Furnitur, interior, harga cat, dan petugas yang membantu perubahan ini membutuhkan biaya besar. Semakin Anda menemukan ruko yang sesuai dengan imajinasi Anda, semakin baik dan layak ruko itu untuk menghemat anggaran.

Lalu lintas jalan raya

Pada beberapa area di Indonesia, kemacetan lalu lintas sering tak terbendung. Jika Anda menyewa ruko di area yang macet, sangat fatal untuk membuka usaha pelayanan. Misalnya saja Anda ingin membuka usaha klinik hewan, tempatnya mudah dikenali tetapi situasi lalu lintas yang tidak memungkinkan akan sulit bagi hewan yang hendak dibawa ke klinik. Hal itu akan mengancam keselamatan hewan yang sedang sekarat. Usaha lain juga mungkin akan sedikit terhambat, misalnya seseorang ingin ke toko pakaian namun tiba-tiba ia merubah pikiran karena toko tersebut diapit oleh area kemacetan lalu lintas yang padat. Pelanggan akhirnya beralih ke toko lain. Sewa ruko murah dengan pertimbangan area jalan juga faktor penting untuk menyelamatkan usaha Anda kelak.