Screenshot! Ini 3 Cara Screenshot Realme 3 Praktis, dan Tidak Pakai Ribet

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Cara Screenshot Realme 3

Ingin ambil tampilan gambar di layar atau screenshot di ponsel Realme ternyata tidak terlalu ribet. Baik dengan atau tanpa tombol, keduanya mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara screenshot Realme 3 yang dapat Anda lakukan :

  1. Tombol Perangkat Keras

Cara screenshot Realme 3 yang pertama akan dibahas adalah dengan menggunakan tombol perangkat keras. Ini adalah salah satu cara yang paling cepat, mudah dan juga praktis untuk melakukan tangkapan layar. Disebut dengan tombol perangkat keras, karena Anda akan menggunakan tombol yang ada di bagian bodi ponsel itu sendiri. Adapun cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu :

  1. Cukup buka layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Kemudian siapkan dan tekan tombol power dan juga volume down. Tahan selama beberapa detik secara bersamaan.
  3. Tunggu hingga Anda melihat animasi cepat dan juga mendengar suara umpan balik. Suara tersebut yang menandakan bahwa tangkapan layar, yang baru saja diambil, berhasil dilakukan.
  4. Anda dapat langsung mengeceknya di bagian gallery.
  • Gerakan 3 Jari

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan gerakan 3 jari. Ini adalah salah satu fitur yang ada di ponsel Realme. Hal ini berkat adanya dukungan dari ColorOS. Yang membuat Realme 3, dapat menyediakan layanan gerakan dan gesture untuk sistem operasi yang ada. Untuk menggunakan fitur gesture tersebut, tentunya Anda harus mengaktifkan fitur tersebut. Caranya adalah dengan:

  1. Buka aplikasi pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu “Smart  Convenient”.
  3. Berikutnya cari menu “Gesture”.
  4. Kemudian pilih “tangkapan layar Screenshot 3 jari”, kemudian pilih “aktifkan”.

Jadi setelah aktif, Anda dapat langsung melakukan screenshot Realme 3, secara lebih praktis. Untuk menggunakan fitur yang satu ini sangat mudah, yaitu :

  1. Siapkan tampilan gambar yang akan diambil.
  2. Siapkan 3 jari Anda. Adapun jari yang dimaksud yaitu telunjuk, jari tengah dan jari manis.
  3. Tekan layar yang ada, dengan 3 jari tangan.
  4. Kemudian geser dari bagian tengah ke bawah layar.
  5. Setelah itu, Anda akan memperoleh pemberitahuan, dan suara yang menandakan bahwa hasil tangkapan layar berhasil dilakukan.
  6. Anda dapat mengecek hasil tangkapan di bagian gallery.
  • Google Assistant

Adapun cara screenshot Realme yang ketiga adalah, dengan menggunakan Google Assistant. Seperti diketahui bersama, ini adalah asisten pribadi yang dimiliki oleh Google. Ada cukup banyak fungsi yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan layanan yang satu ini. Salah satunya adalah menangkap layar atau screenshot.

Adapun cara untuk menggunakannya juga tidak terlalu sulit, yaitu :

  1. Siapkan layar atau gambar di layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Berikutnya tekan cukup lama, tombol beranda untuk Google Assistant.
  3. Dari beranda tersebut, Anda dapat meminta Google Assistant, untuk mengambil tangkapan layar yang diinginkan.
  4. Untuk melihat hasil tangkapan, Anda dapat melihat di bagian galery.

Untuk masalah layanan yang diberikan, terbilang jauh lebih cepat, dan lebih baik, ketimbang menggunakan kombinasi tombol volume dan juga tombol daya. Sedangkan untuk masalah hasil tangkapan, terbilang tidak terlalu jauh berbeda.

Demikianlah beberapa cara screenshot Realme 3, yang dapat Anda lakukan. Tentunya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Yang paling praktis memang menggunakan tombol volume dan tombol power. Namun untuk pilihan praktis, memang jauh mudah jika menggunakan aplikasi 3 jari, dan Google Assistant.

Sumber: oppotutorial