Kabar terbaru dari dampak virus corona di Indonesia tampaknya masih terus mengalami peningkatan jumlah korban setiap harinya. Menurut perkembangan data yang paling terbaru menjelaskan bahwa sampai dengan Jumat, 10 Maret 2020 tercatat sudah ada daftar jumlah peningkatan yakni sudah mencapai sebanyak 3. 512 korban. Dan dari jumlah ini dapat dijelaskan bahwa berdasarkan data kemarin berarti telah mengalami peningkatan sebanyak 219 kasus baru yang ada di Indonesia.

Di atas adalah informasi mengenai jumlah kasus pasien yang positif terdampak covid-19 sedangkan untuk jumlah kasus yang meninggal totalnya sampai dengan saat ini sudah mencapai 282 jiwa. Dan berarti bila dihitung dengan jumlah korban yang meninggal kemarin untuk korban yang meninggal mengalami peningkatan sebanyak 30 jiwa. Apabila dihitung berdasarkan dari sebaran kasus yang terjadi tersebut maka dapat dijelaskan bahwa jumlah terbanyak adalah di wilayah DKI Jakarta kemudian disusul Jawa Barat dan Jawa Timur serta yang terakhir adalah Banten.

Bisa dikatakan bahwa Indonesia masih dalam kondisi darurat karena wabah virus corona. Akan tetapi sebenarnya kasus yang setiap hari mengalami peningkatan jumlah korban ini bisa segera ditekan penyebarannya apabila masyarakat selalu menerapkan apa yang telah menjadi himbauan dari pemerintah. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang merasa meremehkan penyakit ini dengan masih tetap berkeliaran keluar dari rumah meski sebenarnya dirinya tidak memiliki kepentingan apapun di luar.

Pemerintah Indonesia memang tidak mengambil kebijakan lockdown seperti yang dilakukan di beberapa negara yang ada di dunia untuk menekan jumlah kasus penyebaran virus covid-19 ini akan tetapi lewat konferensi pers yang disiarkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo menjelaskan bahwa Indonesia tidak akan menerapkan lockdown akan tetapi sebagai langkah yang diambil oleh pemerintah adalah dengan menerapkan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Dan salah satu wilayah pertama yang akan menerapkan kebijakan tersebut adalah wilayah DKI Jakarta yang kemudian kabarnya akan disusul oleh Jawa Barat.

Rincian kasus per hari untuk korban yang terdampak covid-19 dari setiap provinsi yakni mulai dari DKI Jakarta jumlah kasus positif sebanyak 1.753, pasien sembuh 82 orang, serta pasien meninggal 154 orang. Selanjutnya yaitu Jawa Barat sebanyak 388 kasus, pasien sembuh 19 orang dan pasien meninggal 40 orang. Jawa Timur jumlah positif 265 kasus, pasien sembuh 62 orang dan pasien meninggal 22 orang. Banten jumlah pasien positif 243 orang, pasien sembuh 7 orang dan pasien meninggal 21 orang. Sulawesi Selatan jumlah pasien positif 167 kasus, pasien sembuh 24 orang dan pasien meninggal 11 orang. Jawa Tengah pasien positif 144 orang, pasien sembuh 18 orang dan pasien meninggal 22 orang.

Data jumlah pasien yang terdampak virus corona dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dapat diambil kesimpulan bahwasanya sampai dengan saat ini untuk jumlah kasus pasien yang mengalami peningkatan tersebut adalah sebagai gambaran bahwa penyebaran virus covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi sekali. Setiap hari terkonfirmasi korban selalu mengalami peningkatan padahal pemerintah sudah mewanti-wanti untuk jaga diri dan selalu terapkan hidup bersih serta lakukan social distancing. Dengan melihat kondisi seperti ini sebenarnya tidak hanya pemerintah saja yang harus bekerja keras akan tetapi seluruh rakyat Indonesia juga harus bekerja dengan keras supaya corona bisa segera berlalu dan lenyap dari Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai covid-19 bisa kunjungi aplikasi Halodoc.