Mulai dari slip gaji, laporan keuangan, hingga jaminan aset, biasanya menjadi hal krusial yang perlu dipersiapkan pekerja lepas (freelancer) dan pengusaha UKM ketika ingin mengajukan pinjaman dana ke bank atau lembaga multifinansial. Namun kini, tidak lagi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, jenis kredit atau pinjaman juga lebih beragam. Salah satunya yang populer adalah adanya fintech lending seperti Kredivo yang menawarkan akses pinjaman cepat tanpa slip gaji dan tanpa jaminan.

Sebagai ganti dari slip gaji ataupun laporan keuangan yang membuktikan jumlah penghasilan dari penggunanya, Kredivo menerapkan sistem penyambungan akun internet banking bagi kamu yang tertarik daftar dan ajukan pinjaman cepat di Kredivo. Dari penyambungan akun internet banking inilah nantinya Kredivo dapat menganalisis besaran penghasilan bulanan kamu sebelum menyetujui pendaftaran dan pemberian limit kredit.

Maksimal limit kredit yang diberikan Kredivo adalah Rp 30 juta, untuk pengguna Premium. Limit ini bisa digunakan untuk kredit barang online tanpa uang muka di e-commerce atau merchant mitra Kredivo dan juga dapat dicairkan menjadi pinjaman cepat tunai lewat fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo di aplikasi Kredivo. Karena limitnya yang bisa mencapai puluhan juta inilah, Kredivo cocok digunakan salah satunya oleh kamu yang memiliki profesi pengusaha atau wiraswasta. Misalnya untuk cari tambahan modal.

Lantas, bagaimana caranya daftar akun Kredivo?

Pertama, kamu perlu memenuhi tiga kriteria berikut ini:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Tinggal/berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Kedua, apabila sudah memenuhi kriteria, selanjutnya kamu dapat mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Kemudian, pilih daftar sebagai pengguna Premium. Pastikan juga kamu memiliki akun internet banking yang aktif yang merupakan rekening utama tempat arus keuangan, mulai dari penghasilan hingga pengeluaran. Selain itu, kamu juga wajib punya akun e-commerce yang aktif dan sudah ada riwayat transaksinya. Misalnya akun Tokopedia, Lazada, Shopee, atau e-commerce yang lainnya. Akun ini akan berfungsi untuk validasi domisili atau tempat tinggal kamu saat ini.

Kedua akun ini sifatnya penting apabila kamu ingin mendaftar sebagai pengguna Premium Kredivo. Supaya pendaftaran disetujui dan kamu berkesempatan mendapat limit kredit lebih besar, ikuti instruksi pendaftaran dengan teliti dan pastikan dokumen yang diunggah atau disambungkan asli dan sesuai dengan data diri. Setelah daftar, tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam.

Bagaimana proses pengajuan pinjaman cepat di Kredivo?

Pengajuan pinjaman cepat tunai di Kredivo baru bisa dilakukan apabila pendaftaran akun Premium kamu sudah disetujui dan kamu sudah mendapat sejumlah limit kredit. Bagaimana kalau pendaftaran ditolak? Maka jangan khawatir, kamu dapat mencoba daftar Kredivo kembali tiga bulan ke depan.

Bagi kamu yang akunnya sudah aktif, kamu dapat menggunakan Kredivo sesuai kebutuhan. Untuk pengajuan pinjaman, ada dua fitur yang tersedia: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Fitur pinjaman mini berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal sebesar Rp500.000 dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari saja. Sementara fitur pinjaman jumbo berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal sebesar Rp 1 juta ke atas, dengan pilihan tenor 3/6 bulan. Untuk suku bunganya, Kredivo menerapkan suku bunga tetap hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman ataupun cicilan barang.

Kalau sudah tahu tujuan pinjaman dan berapa jumlah yang dibutuhkan, kamu tinggal klik fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo, lalu ikuti instruksi pengajuan pinjaman. Mulai dari mengisi tujuan pinjaman, jumlah pinjaman, tenor, sampai nomor rekening pribadi. Proses pencairan dana pinjaman di Kredivo adalah 1 hari kerja ke nomor rekening terdaftar sejak pengajuan pinjaman resmi disetujui.

Yang paling menarik, dengan Kredivo, kamu bisa pinjam hingga dua digit asalkan limit kreditmu untuk tenor 6 bulan masih mencukupi. Sebagai ilustrasi, misalnya kamu mendapat total limit sebesar Rp 25 juta. Limit ini terbagi menjadi 4 tenor: limit untuk tenor 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Apabila limit yang tersedia untuk tenor 6 bulan adalah sebesar Rp 15 juta, artinya jumlah pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan adalah Rp 15 juta dalam tempo 6 bulan.

Bagaimana soal biaya lain-lain yang menyertai pinjaman?

Sebelum menyetujui pinjaman, Kredivo juga akan memberikan kamu simulasi cicilan pinjaman secara transparan di awal. Mulai dari biaya admin atau biaya provisi, suku bunga, hingga besaran angsuran yang harus kamu bayarkan per bulannya sesuai dengan tenor yang dipilih. Selain itu, Kredivo juga mengenakan denda sebesar 3% apabila kamu terlambat bayar. Jadi, tidak akan ada biaya tersembunyi di kemudian hari. Kamu bebas untuk membatalkan atau menyetujui pinjaman setelah melihat simulasi cicilannya.

Bagaimana cara pembayaran angsuran pinjamannya?

Di aplikasi Kredivo, tersedia menu “Transaksi” yang mencatat semua aktivitas transaksi, pinjaman, atau cicilan yang kamu ajukan secara detail sesuai dengan simulasi yang ditampilkan di awal. Tersedia juga informasi tanggal jatuh tempo pada setiap transaksi. Kredivo juga akan mengirimkan kamu notifikasi perihal pengingat pembayaran 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Pembayaran angsuran Kredivo bisa dilakukan lewat berbagai metode pembayaran, mulai dari bank transfer hingga via e-commerce atau retail seperti Alfamart dan Indomaret.