Pahami Jenis Pompa yang Digunakan Khusus untuk Pertambangan

  • 2 min read
  • Nov 01, 2020
Pahami Jenis Pompa yang Digunakan Khusus untuk Pertambangan

Apa yang kamu ketahui tentang pompa yang berada di industri pertambangan? Sebagian besar mungkin mengenal pompa sebagai alat yang dapat menambah angin pada ban motor atau mobil. Lebih dari itu, pompa juga berfungsi untuk mengeluarkan air yang telah masuk ke daerah penambangan. Oleh karena itu, pompa dibilang memiliki fungsi yang sangat penting bagi industri pertambangan. Akan tetapi, sebelum mengenal lebih jauh, mari kita bahas pengertian dasarnya terlebih dahulu.

Pompa adalah alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus-menerus. Secara garis besar, alat ini beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge). Dengan kata lain, pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga menjadi kinetis, di mana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada di sepanjang pengaliran.

Nah, biasanya dalam industri pertambangan menggunakan jenis pompa sentrifugal. Hal tersebut dikarenakan untuk fluida yang akan dialirkan adalah air yang telah bercampur dengan lumpur. Oleh karena itu, disarankan bagi perusahaan pertambangan, khususnya tambang batubara untuk menggunakan jasa pompa tambang supaya aliran air tidak menumpuk dan mengalir dengan lancar.

Selain itu, ada beberapa jenis pompa yang perlu kamu ketahui:

  1. Pompa non submersible

Jenis pompa ini merupakan pompa yang ada di darat atau di ponton. Untuk kapasitas yang dimilikinya juga tergolong tinggi karena bisa memindahkan air pada debit yang jauh lebih besar.

  1. Pompa submersible

Jenis poma ini merupakan jenis pompa yang akan dicelupkan ke dalam air dengan kapasitas daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis pompa non submersible.

Nah, bagi kamu yang ingin menyewa pompa tambang, sebaiknya langsung menghubungi Sewatama, karena perusahaan ini menyediakan beragam pompa tambang yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan perusahaan anda.

Kunjungi situs resminya https://sewatama.com/id/ untuk mengetahui informasi lebih lanjut.