Manfaat Beras yang Harus Kalian Ketahui

  • 2 min read
  • Jun 19, 2020
Manfaat Beras

Ada begitu banyak manfaat beras organik yang harus kalian ketahui, beberapa di antaranya yaitu menyediakan energi, mengatur dan memperbaiki pergerakan usus, menstabilkan kadar gula darah, dan menghambat proses penuaan. Dari sekian banyak manfaat beras organik, berikut sembilan yang harus kalian ketahui.

Meningkatkan metabolisme

Beras merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik seperti niasin, vitamin D, kalsium, serat, besi, tiamin, dan riboflavin. Vitamin ini memberikan fondasi untuk metabolisme tubuh, kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan fungsi umum sistem organ karena vitamin dibutuhkan untuk banyak aktivitas dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Minyak dedak beras diketahui mempunyai sifat antioksidan yang meningkatkan kekuatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Beras organik pastinya jauh lebih baik dari beras putih biasa dalam hal ini, karena mempunyai nutrisi yang lebih banyak.

Menyediakan energi

Beras organik mempunyai kandungan karbohidrat melimpah, bertindak sebagai bahan bakar untuk metabolisme tubuh dan alat bantu dalam memperbaiki fungsi normal otak. Karbohidrat yang dimetabolisme oleh tubuh akan berubah jadi energi fungsional dan bermanfaat. Vitamin, mineral, dan komponen organik dalam nasi meningkatkan energi pada tubuh.

Mencegah obesitas

Nasi sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena tidak mengandung lemak, kolesterol, atau sodium berbahaya. Secara menyeluruh, nasi merupakan bagian integral dari diet seimbang. Kadar lemak, kolesterol, dan sodium rendah pada beras organik akan membantu mengurangi obesitas.

Mengontrol tekanan darah

Beras mengandung sodium rendah sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik bagi mereka yang mengidap hipertensi. Sodium dapat menyebabkan pembuluh darah dan arteri menyempit, meningkatkan tekanan dan ketegangan pada sistem kardiovaskular saat tekanan darah meningkat. Selain itu, sodium juga berpengaruh pada kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mencegah penyakit kanker

Sudah banyak peneliti yang percaya, beras organik kaya akan serat tak larut yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Serat bermanfaat untuk bertahan melawan kanker kolorektal dan usus.

Selain serat, beras organik juga kaya akan vitamin C, vitamin A, bersama dengan berbagai senyawa fenolik dan flavonoid yang bertindak merangsang antioksidan guna mengusir radikal bebas penyebab kanker dari tubuh.

Perawatan kulit

Pakar medis mengatakan, bubuk beras bisa dioleskan secara topikal untuk menyembuhkan penyakit kulit. Salah satu wilayah di India menggunakan air beras sebagai salep efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang meradang.

Senyawa fenolik pada beras organik mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga bagus untuk mengurangi iritasi dan kemerahan. Air beras baik yang dikonsumsi atau dioleskan cenderung meringankan sejumlah kondisi kulit seperti munculnya keriput dan tanda penuaan dini.

Mencegah penyakit Alzheimer

Beras organik mengandung nutrisi tinggi yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas neurotransmitter, yang kemudian membantu mencegah penyakit Alzheimer sampai batas tertentu. Berbagai jenis padi telah terbukti dapat merangsang enzim neuroprotektif di otak, yang mampu menghambat efek radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan penyakit demensia dan Alzheimer.

Meningkatkan kualitas diuretik dan digestif

Sekam padi dianggap sebagai obat yang efektif mengobati disentri karena sekam padi berumur tiga bulan mempunyai sifat diuretik. Orang China percaya, beras organik mampu meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan sakit perut, dan mengurangi semua masalah pencernaan.

Beras organik membantu menurunkan berat badan, karena sekitar empat persen urin yang keluar terdiri dari lemak tubuh. Selain itu, beras organik juga mampu menghilangkan racun dari tubuh seperti asam urat.

Itulah informasi tentang Manfaat Beras yang Harus Kalian Ketahui dan kalian juga bisa lihat tentang Harga beras setra ramos terbaru. Semoga bermanfaat buat semuanya.