Lakukan Kebiasaan Ini Agar Tubuh Semakin Ideal dengan Mengacu pada Indeks Massa Tubuh

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Indeks Massa Tubuh

Perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) menjadi acuan penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan mempunyai bentuk tubuh yang ideal. Namun demikian, banyak orang kesulitan untuk menjaga tubuh dalam kondisi terbaiknya, karena beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan.

Pola makan tidak teratur dan kurang berolahraga, tubuh bisa berada di bawah ideal, dan terlihat kurus. Sebaliknya, ketika seseorang terlalu banyak makan, tanpa melakukan olahraga juga bisa berakibat pada tubuh yang terlihat gemuk.

IMT menjadi acuan terbaik untuk melihat kondisi tubuh apakah berada pada kondisi yang ideal atau tidak. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang harus dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap pada kondisi yang ideal dengan mengacu pada nilai IMT.

  1. Selalu Sarapan Setiap Hari

Sarapan ternyata mampu memberikan efek positif untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap ideal. Dari sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang tidak pernah melewatkan sarapan akan lebih baik dalam mengontrol nafsu makan. Dengan sarapan, seseorang akan lebih mudah dalam menjaga nutrisi, sekaligus tidak akan makan secara berlebihan.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa orang yang sarapan ternyata akan mengkonsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Menu sarapan yang cocok untuk orang-orang yang ingin menjaga berat badan agar tidak terlalu berlebih adalah dengan sarapan sehat. Beberapa menu sarapan sehat seperti roti gandum, buah segar, telur, ayam tanpa kulit, oatmeal, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan orang yang ingin menambah berat badan, bisa dengan menu sarapan yang tinggi protein, sehingga akan mempercepat peningkatan massa otot, dan menambah berat badan menjadi lebih ideal.

  1. Rutin Menimbang Berat Badan

Selalu rutin menimbang berat badan membuat seseorang akan lebih mengerti mengenai kondisi tubuhnya. Apakah ada peningkatan, stagnan, atau malah tidak sesuai dengan yang diharapkan padahal telah melakukan berbagai cara.

Dengan rutin menimbang, paling tidak sekali dalam seminggu, akanĀ  membuat seseorang cepat mengambil tindakan sesuai dengan kondisi tubuhnya. Bahkan dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang selalu tahu dengan kondisi tubuhnya, lebih efektif tiga kali lebih banyak dalam usaha mencapai kondisi tubuh ideal yang diidam-idamkan.

Selain rutin menimbang berat badan, menghitung Indeks Massa Tubuh juga sangat efektif untuk mengetahui keakuratan kondisi tubuh apakah sudah ideal atau belum. Perhitungannya juga sangat mudah, bisa dengan kalkulator IMT yang banyak disediakan dalam aplikasi smartphone atau website kesehatan yang bisa diakses secara online.

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga menjadi cara yang sangat efektif dalam menjaga berat badan yang ideal. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian mengenai peran olahraga dalam menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa 90 persen orang yang melakukan olahraga minimal satu jam sehari dan rutin lima kali seminggu mampu menurunkan berat badan lebih efektif.

Dengan berolahraga tubuh akan membakar lemak lebih efektif. Massa otot juga akan bertambah besar dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa berolahraga akan membuat otot menjadi kendur, dan lemak akan lebih banyak menumpuk. Sehingga akan membuat tubuh kesulitan mendapatkan bentuk idealnya.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Menjaga tubuh dalam kondisi yang ideal juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas. Dengan asupan makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya akan membuat tubuh lebih sehat dan terjaga dari berbagai macam penyakit.

Makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein tinggi, dan berbagai makanan dengan nutrisi yang lengkap dan sehat lainnya. Selain itu, pola makan juga harus dijaga dengan waktu makan yang teratur.

Berbagai kebiasaan ini akan membuat tubuh semakin ideal dan efektif dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Salah satu acuan terbaik melihat kondisi tubuh tersebut adalah dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh.