Akhir- akhir ini kemunculan perusahaan rintisan atau startup memang cukup berkembang di indonesia. Hal ini juga mmebuat semakin banyaknya perusahaan startup yang hadir dan juga muncul beberapa tahun belakangan ini. Bisnis startup juga diketahui memang cukup mengalami perkembangan pesat. Bahkan sudha cukup banyak juga jenis perusahaan startup indonesia yang sudah menyandang gelar unicorn. Hal ini tentu saja sangat membanggakan, apalagi pemilik startup indonesia tersbeit juga hampir kebnayakan adlaah para anak muda yang memiliki kreativitas cukup tinggi. Selain bisa semakin menambah inspirasi beberapa anak muda perintis startup ini juga kiprah bisnisnya memang sudha tidak perlu diragukan lagi.

Selain gelar unicorn, ada juga perusahaan- perusahaan startup yang sudah memiliki gelar decacorn, nah sebenarnya bagaimana sih kriteria sebuah perusahaan startup yang memiliki gelar unicorn? Mungkin belum banyak yang mengetahuinya, bagaimana sebenarnya kriteria untuk jenis perusahaan startup pemilik gelar unicorn. Hal ini juga bukan hanya dilihat dari brand perusahaan yang berkembang cukup pesat, namun salah satu kriteria yang bisa kita lihat dengan jelas adalah penghasilan dari perusahaan tersebut. Dimana untuk perusahaan yang sudha menyandang gelar unicorn,s etidaknya harus sudah memiliki nilai valuasi atau sebuah nilai startup yang mencapai $$ 1miliar, atau senilai dnegan Rp 14 triliun. Sehingga perusahaan tersebut sudah bisa menyandnag gelar unicorn.

Di dunia memang sudah banyak sekali jenis perusahaan startup yang sudah menyandang gelar unicorn, bahkan sudah ada 229  startup yang menyandnag gelar tersebut. Tidak mau kalah dengan perusahaan- perusahaan tersebut, kini indonesia juga semakin emnggiatkan berbagai perusahaan nya dengan terus berusaha menyandang gelar unicorn tersbeut. Untuk perusahaan startup yang ada di dunia dan sudah memiliki gelar unicorn ini sudha tersebar di berbagai belahan dunia, dianataranya adalah amerika serikat, india, jerman, singapura dan juga di negara inggris. Ada banyak seklai bidang pada bisnis starup tersebut mulai dari ritel, pemasaran, keuangan, pelayanan bahkan sampai dengan bisnis games pun sudah ada yang masuk ke dalam bisnis startup ini.

Selain istilah unicorn yang seringkali kita dengar, ternyata untuk istilah bisnis startup ini juga ada lagi jenis perusahaan yang sudah menyandang gelar decacorn. Mungkin untuk beberapa masyarakat awal istilah ini memang masih cukup jarang terdengar atau masih snagat awam. Biasanya untuk istilah ini memang diperoleh oleh bisnis startup atau perusahaan rintisan yang memang  memiliki keuntungan yang jauh lebih besar dari perusahaan dengan gelar unicorn, setelah perusahaan tersbeut menyandang unicorn, pasti akan menyandang gelar decacorn. Karena untuk para perusahaan yang menyandang gelar decacorn ini memiliki nilai valuasi sebesar $10 miliar. Atau bisa dikatakan juga bahwa perusahaan tersbeut sudah memiliki penghasilan yang 10 kali lipat jauh lebih banyak lagi.

Di indonesia sendiir ada banyak sekali perusahaan rintisan atau startup yang memiliki peluang untuk menyandang gelar- gelar tersebut. Apalagi jenis bisnis startup ini memang sampai dengan sekarang terus mengalami perkembangan yang cukup besar diantaranya seperti bisnis keuangan uangteman.com. kopikenangan, sorabel dan berbagai jenis perusahaan lainnya. Dan bukan tidak mungkin juga jenis- jenis perusahaan startup yang maisng baru maupun yang sedang ,engalami perkembangan tersebut nantinya bisa memiliki gelar unicorn, bahkan bis ajuga sampai memiliki gelar decacorn. Apalagi saat ini juga semakin banyak perusahaan yang memiliki kemungkinan memiliki gelar tersbeut cukup besar.