Jenis Sabun Mandi Bayi yang Aman untuk Digunakan

  • 2 min read
  • Nov 13, 2020
Sabun Mandi Bayi

Hai bunda! Sabun mandi merupakan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan demi kesehatan kulit bayi Anda. Dalam menggunakan sabun mandi bagi si kecil haruslah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit anak. Kenapa demikian? Karena jika sabun yang digunakan oleh si bayi tidak cocok bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan yang muncul. Nah oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis sabun mandi bayi yang aman bagi si kecil.

Sebelum memilih sabun mandi untuk sang buah hati, pastikan untuk mengetahui jenis kulit si bayi agar tidak salah pilih dalam menggunakannya. Jika Anda masih bingung merk sabun bayi apa yang aman bagi si kecil, yuk segera kunjungi laman PickyBest untuk mendapatkan rekomendasinya. Nah balik lagi ke pembahasan jenis sabun mandi yang cocok untuk bayi, untuk lebih lengkapnya yuk simak informasi berikut ini.

5 Tips Memilih Sabun Mandi Bayi yang Aman Bagi si Kecil

Untuk memilih sabun yang aman dan baik bagi anak Anda, pastikan untuk memahami beberapa tips berikut ini.

  1. Hindari Bahan Kimia yang Terkandung Di Dalam Sabun

Sabun bayi yang bagus haruslah memiliki kandungan yang baik bagi tubuh si kecil. Pastikan untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam sabun yang akan digunakan. Usahakan untuk tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan kimia, hal ini akan sangat berbahaya bagi kesensitifan kulit bayi. Beberapa sabun mandi bagi bayi juga ada yang memiliki pewarna, pengawet, dan bahan kimia keras lainnya, nah pastikan untuk tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan tersebut.

  1. Pilihlah Sabun Mandi Bayi dengan Kandungan Bahan yang Aman

Anda bisa mengetahui informasi yang terkandung di dalam sabun yang akan digunakan dengan mengecek kemasan atau berselancar di internet. Anda bisa memilih sabun bayi yang mengandung minyak kelapa, gliserin, shea butter, minyak biji jojoba, minyak almond manis, minyak zaitun, oatmeal koloid, bunga chamomile, madu, ekstrak minyak rosemary, air, dan cocoa butter. Beberapa bahan tersebut akan membantu menyehatkan kulit anak Anda.

  1. Pilihlah Sabun yang Bebas dari Wewangian

Tips dalam memilih sabun mandi bayi selanjutnya adalah untuk menghindari sabun mandi yang tidak memiliki kadar keharuman yang tinggi. Hal ini karena jika sabun terlalu wangi, maka sudah dipastikan bahwa sabun tersebut memiliki kandungan sintetis. Kandungan sintetis ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bagi kulit si kecil, seperti iritasi dan alergi. Bahkan menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa jika bayi sering terkena sabun dengan wangi menyengat bisa mengganggu sistem saraf pusat.

  1. Carilah Sabun Hypoallergenic

Daftar rekomendasi sabun bayi yang disusun oleh PickyBest semuanya memiliki kandungan hypoallergenic yang aman bagi bayi. Dengan kandungan ini akan mencegah reaksi alergi dan iritasi pada kulit si buah hati. Oleh karena itu, sabun dengan hypoallergenic sangat disarankan daripada sabun mandi dengan kandungan yang tidak jelas lainnya.

  1. Pilihlah Sabun Mandi Bayi yang Memiliki pH Seimbang

Sabun aman untuk anak juga harus memiliki kadar pH yang seimbang. Kadar pH yang terkandung dalam sabun itu menunjukan cara untuk mengukur seberapa asam atau basa bagi suatu zat, termasuk sabun mandi yang akan digunakan. Sabun mandi yang dekat dengan kandungan tingkat pH kulit bayi sangat cocok digunakan dan tidak akan mengganggu lapisan pelindung kulit bayi.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih jenis sabun mandi bayi yang aman. Pastikan Anda mengetahui kondisi kulit bayi dan bahan yang terkandung di dalam sabun sebelum menggunakannya. Semoga informasi di atas dapat membantu.