Jangan Panik, Begini Cara Reset Printer Canon MP287!

  • 2 min read
  • Jul 27, 2021
Cara Reset Printer Canon MP287

Apakah anda sedang mencari cara bagaimana cara reset printer Canon MP287? Tenang saja sebab artikel kali ini akan memberikan ulasan dan tata cara lengkapnya!

Dalam urusan pekerjaan, printer adalah salah satu perangkat yang tidak pernah lepas dari kebutuhan. Sudah sepatutnya setiap perusahaan yang profesional memiliki inventaris printer agar memudahkan karyawannya sehingga tidak perlu repot-repot pergi untuk mencetak dokumen di luar kantor. Tetapi tidak jarang kita mengalami kendala teknis saat sedang menggunakannya dan seringkali masalah teknis tersebut datangnya justru saat kita sedang terburu-buru.

Jika hal tersebut terjadi jangan khawatir, meskipun tanpa bantuan dari teknisi Anda pasti bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. Simak tata cara di artikel ini sampai habis, masalah akan terselesaikan kurang dari 10 menit!

Cara reset printer Canon MP287 mudah dan anti ribet

Ada pun beberapa hal yang harus diperhatikan dan dicek saat printer Anda tidak mau bekerja:

  1. Printer dan komputer tidak terkoneksi dengan baik

Printer memiliki kabel yang terhubung ke komputer. Sebelum Anda berspekulasi printernya rusak, cek terlebih dahulu apakah kabel ini telah terpasang dengan baik sepenuhnya. Jika tidak, maka printer tidak akan terdeteksi oleh komputer.

  1. Terdapat masalah pada diver printer

Driver printer bisa saja corrupt sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Karenanya pastikan printer Anda memiliki driver terbaru yang sesuai dengan seri printer yang Anda miliki sehingga akan meminimalisir masalah terjadi bahkan virus masuk. Jika hal ini terjadi, hapuslah driver yang sebelumnya dan download driver baru yang dapat ditemukan dengan mudah di website resminya lalu install ulang.

  1. Tinta kering atau sudah habis

Sering-seringlah memeriksa ketersediaan tinta dan segera isi ulang jika sudah menipis, hal ini akan membuat cartridge menjadi lebih awet.

  1. Printer telah melampaui batas pencetakan

Setiap printer biasanya memiliki batas maksimal pencetakan dan apabila sudah terlampaui biasanya printer menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila menyadari hal ini segeralah reset ulang printer Anda.

Di bawah ini merupakan cara untuk me-reset printer Canon MP287:

1. Mengubah printer menjadi service mode

Berikut merupakan tata cara mengubah printer menjadi service mode:

  • Jika printer Anda masih hidup, matikan terlebih dahulu printer dengan menekan tombol power yang lama.
  • Setelah printer sudah dalam keadaan mati, tekan tombol stop/reset bersamaan dengan tombol power untuk kembali menyalakan printer.
  • Lepaskan tombol stop/reset sambil masih menekan tombol power.
  • Di saat posisi tombol power masih ditekan, lanjutkan sambil menekan tombol stop/reset sebanyak 6 kali.
  • Terakhir lepaskan tombol power dan stop/reset secara bersamaan

Cara tersebut akan me-reset printer, setelahnya tunggulah proses hingga selesai sampai printer siap digunakan kembali. Jika proses yang sudah Anda lakukan berhasil, komputer akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung.

2. Menggunakan software resetter Canon MP287

  • Download resetter Canon MP287 terbaru yang bisa Anda dapatkan pada link berikut ini: http://www.mediafire.com/file/24vv9ivjhk84ea2/SoftwareService-Tool_v3400.rar/file
  • Install software tersebut lalu aturlah Service Tool pada menu Main
  • Pada bagian Clear Ink Counter, klik pilihan Main lalu klik Set
  • Pada bagian Ink Absorber Counter, klik pilihan Main lalu klik Set
  • Terakhir pada bagian Print yang terletak paling atas, klik tombol EEPROM
  • Dengan demikian printer telah di-reset dengan software dan siap digunakan kembali

Semoga tata cara reset printer Canon MP287 ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Jangan lupa rawat dan cek selalu kondisi printer Anda agar bisa selalu bekerja dengan baik dan tahan lama.