Rumah Sakit Dustira Cimahi merupakan salah satu rumah sakit kebanggaan yang dimiliki oleh prajurit di wilayah Kodam III/Siliwangi. Rumah sakit ini dibangun pada 1887 dan masih pada masa penjajahan Hindia- Belanda. Rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit militer yang memiliki luas tanah kurang lebih 14 hektar untuk menyediakan fasilitas dan keperluan militer pada masa Hindia Belanda.

Keadaan tersebut merupakan hal yang wajar karena di daerah Cimahi dan sekitarnya memang sudah berdiri fasilitas militer pada masa Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan militernya di daerah Bandung. Bandung sendiri pada saat itu merupakan ibu kota dari Hindia Belanda pada saat itu. Hingga pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1942-1945, rumah sakit tersebut digunakan untuk memberikan perawatan terhadap tawanan tentara Belanda serta digunakan juga untuk perawatan tentara Jepang. Akan tetapi pada tahun 1945-1947 rumah sakit tersebut kembali dikuasai oleh NICA.

Sebagai salah satu rumah sakit terbesar yang ada di daerah Cimahi, ternyata rumah sakit ini juga sudah terakreditasi Paripurna. Untuk letaknya, rumah sakit ini terletak di Jalan dr. Dustira No. 1 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Utara Provinsi Jawa Barat. Memiliki visi salah satunya yakni akan memberikan pelayanan prima dan paripurna kepada setiap pasien yang ada di rumah sakit. Berikut ini adalah beberapa pelayanan medical chek up yang diberikan di rumah sakit ini:

  1. Pasien akan dilayani setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 07.00 sampai dengan 15.00 wib.
  2. Pelayanan kesehatan yang diberikan adalah berupa pemeriksaan fisik, kesehatan jiwa, bebas narkoba, tes jantung dan paru, tes pendengaran, pemeriksaan lan dan CT-Scan Kepala,. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan radiologi.
  3. Bisa langsung melakukan pendaftaran di Unit MCU dengan syarat membawa identitas diri yang lengkap seperti KTP, SIM, Kartu Mahasiswa atau bisa juga Kartu Pelajar.
  4. Peserta MCU dianjurkan untuk melakukan puasa mulai jam 22.00 wib sampai dengan saat nanti pengambilan darah.

Rumah sakit ini telah memberikan beberapa rincian biaya MC, seperti di bagi dalam beberapa paket yakni paket lengkap biayanya 1,5 juta dan paket sedang biayanya 798 ribu dan paket sederhana biayanya 689 ribu. Di rumah ini juga menyediakan berbagai macam dokter yang akan melayani setiap keluhan yang diberikan oleh pasien seperti dokter spesialis bedah umum, spesialis jantung, spesialis syaraf dan spesialis bedah ortopedi.

Tidak hanya memberikan layanan MCU saja, namun rumah sakit ini juga memberikan layanan kesehatan pada setiap anggota TNI, PNS, Kontraktor serta peserta yang menggunakan layanan kesehatan dengan jaminan BPJS serta masyarakat umum. Rumah sakit ini memiliki beberapa layanan kesehatan yang menjadi unggulan yakni IGD 24 jam, Instalasi Rawat Jalan, Hemodialisa, Endoscopy dan Colonoscopy, Rehabilitas Medik, Pengobatan Akupuntur, Griya Geulis dan ICU/ICCU.

Rumah Sakit Dustira Cimahi memiliki ruang perawatan yang sangat asri dan sejuk. Dan fasilitas perawatannya terdiri dari ruang VIP yang terdiri dari 1 tempat tidur, kamar, kursi, meja makan, almari baju, almari hias, sofa, kulkas dan TV, AC serta toilet water heater. Selain itu juga terdiri dari ruangan Kelas I dengan fasilitas 1 tempat tidur, kursi, meja, sofa, almari hias, TV, AC dan toilet water heater. Ada juga kelas II dan III yang juga memiliki fasilitas yang berbeda-beda.