Saat ini, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memasang behel gigi, meskipun Anda tahu bahwa harga pasang behel ini tidaklah berbiaya murah, yaitu berkisar di angka 5 juta rupiah. Behel gigi ini memang bisa mengubah penampilan Anda dan bahkan menyebabkan ketidaknyamanan di awal pemasangan. Namun, menyikat gigi dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah gigi dan mulut. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum memasang behel gigi:

1. Behel gigi tidak hanya untuk anak-anak atau remaja

Behel atau kawat gigi sering dikaitkan dengan perawatan gigi untuk anak-anak atau remaja yang memiliki harga pasang behel yang sangat mahal. Ini karena biasanya gigi baru yang kurang rapi terlihat jelas pada masa remaja. Meski begitu, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk menggunakan behel gigi. Anda dapat menggunakan behel gigi pada usia berapa pun untuk memperbaiki gigi Anda. Dengan catatan gigi dan gusi Anda, kesehatan dan kekuatan Anda masih baik. Kawat gigi tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki gusi dan gigi yang tidak sehat karena pemasangan kawat gigi memberi tekanan berlebihan pada gusi dan gigi.

2. Rata-rata orang menggunakan behel gigi selama dua tahun

Umumnya, orang memasang behel gigi selama dua tahun. Namun, durasi penggunaan setiap sanggurdi dapat berbeda. Ini tergantung kondisi gigi Anda. Ada pilihan metode terapi gigi yang lebih cepat. Namun, opsi ini biasanya tidak dianjurkan kecuali gigi Anda benar-benar sehat dan kuat. Selain itu, biasanya, terapi ini lebih menyakitkan daripada terapi kawat gigi umum. Alasannya, metode terapi ini melibatkan pembedahan kecil di rahang Anda. Jadi, meskipun perawatan hanya berlangsung sekitar enam bulan, proses penyembuhannya lebih tidak nyaman.

3. Rasa sakit setelah memasang behel gigi adalah wajar

Rasa sakit saat memasang sanggur gigi dapat menghantui pikiran Anda. Namun, Anda pasti akan merasa tidak nyaman dengan behel gigi baru Anda. Proses menguatkan itu sendiri dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena tekanan dari kawat untuk memperbaiki atau menghaluskan gigi Anda. Namun, jangan khawatir. Dokter gigi akan memberikan penghilang rasa sakit untuk membantu Anda mengurangi rasa sakit. Jadi, bersabarlah karena ketidaknyamanan ini akan hilang dalam beberapa minggu. Anda juga akan mulai merasa nyaman dengan kawat gigi Anda sesudahnya.

Namun jika yang menjadi permasalahan adalah harga pasang behel yang mungkin bagi Anda. Maka RATA, The First Indonesian Clear Aligner hadir untuk memberikan solusi atas masalah Anda itu.