Mendengar nama Kabupaten Gunungkidul, kebanyakan orang akan langsung teringat pantai-pantainya. Yup, ada puluhan pantai indah yang jadi destinasi wisata di kabupaten dalam wilayah Yogyakarta ini.

Selain pantai, masih banyak objek wisata alam yang bertaburan di Kabupaten Gunungkidul. Ada taman, gua, air terjun, hutan pinus, dll. Yang tak kalah populer dan menarik adalah beberapa embung yang juga terdapat di Gunung Kidul.

Embung dalam bahasa Jawa berarti waduk atau danau. Salah satu yang menarik banyak wisatawan adalah Embung Batara Sriten. Terletak di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, tidak terlalu jauh dari Kota Jogja.

Kenapa Embung Batara Sriten menjadi yang paling populer? Karena lokasinya berada di puncak pegunungan. Tepatnya Pegunungan Batur Agung, 859 mdpl di atas permukaan laut! Pegunungan Batur Agung adalah pegunungan yang membentang di sisi timur Kabupaten Bantul dan sisi utara Kabupaten Gunungkidul.

Akses menuju Embung Batara Sriten juga terbilang baik. Jalanan mulus, pemandangan indah di sepanjang jalur membuat wisatawan dijamin makin betah menyusuri keindahan Yogyakarta.

Embung Batara Sriten adalah danau buatan yang dimanfaatkan untuk mengairi agrowisata di sekitarnya. Agrowisata itu sendiri berupa kebun buah yang ditanami kelengkeng, durian, jeruk, alpukat, dll. Terbayang kan, berada di ketinggian dengan kebun buah di bawahnya?

Karena Embung Batara Sriten adalah embung di puncak tertinggi Yogyakarta, tentu tak hanya kebun buah yang dapat kita lihat. Hamparan sawah, jajaran bukit kapur, sampai Samudra Hindia menjadi pemandangan indah yang bisa dinikmati. Bahkan Waduk Gajah Mungkur yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pun bisa terlihat dari sini!

Selain sebagai tempat wisata, embung yang diresmikan pada tahun 2014 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X ini juga dimanfaatkan sebagai area olahraga paralayang dan gantole. Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat juga secara rutin mengadakan Festival Sriten yang menampilkan seni budaya Gunung Kidul dan atraksi aerosport.

Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk berwisata diĀ  Embung Batara Sriten? Jawabannya relatif. Tapi yang jelas, Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang terkenal paling ramah kantong.

Meski demikian, wisatawan dapat memanfaatkan paket wisata Jogja untuk liburan hemat sekaligus terencana dengan baik. Hampir semua agen wisata memiliki paket ini. Layanan tour and travel mana pun di Indonesia pasti memasukkan Yogyakarta dalam daftar tujuan wisatanya, termasuk Joglo Wisata. Tinggal cari paket wisata Jogja yang pas, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Kalau kamu lebih memilih jalan-jalan di Gunung Kidul tanpa jasa agen wisata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menuju Embung Batara Sriten.

Pertama, meskipun jalur menuju embung relatif bagus, tapi track-nya yang curam harus menjadi pertimbangan dalam memilih kendaraan (sepeda motor matic tidak disarankan).

Kedua, sebaiknya datang ke Embung Batara Sriten pada pagi hari, dan pulang sebelum magrib. Sebab setelah matahari terbenam, jalur turun biasanya sangat sepi.

Ketiga, jika sedang turun hujan pertimbangkan untuk menunda atau menghentikan perjalanan sampai hujan reda. Jalanan licin dengan kondisi curam jelas tidak aman, apalagi dilalui oleh bukan penduduk lokal yang tentu saja tidak berpengalaman.

Makanya, untuk perjalanan yang lebih terencana dan praktis, menggunakan jasa agen wisata adalah salah satu solusi. Paket wisata Jogja jangan sampai kamu abaikan jika berencana traveling ke provinsi ini. Dijamin nggak rugi!