Cara Menanam Hidroponik dari Botol Bekas

  • 2 min read
  • Jun 13, 2020
Cara Menanam Hidroponik dari Botol Bekas

Perlu kamu ketahui bahwa cara menanam hidroponik merupakan cara bertanam dengan tanpa menggunakan media tanah, akan tetapi diganti dengan media air saja. Dan ada beberapa cara untuk bercocok tanam secara hidroponik yang mudah dengan media yang sangat sederhana sekali. Salah satunya adalah dengan menggunakan botol bekas. Selain bahannya mudah di dapat, cara membuatnya juga sangat simpel, perawatan mudah, dan juga dapat sebagai hiasan dalam ruangan.

Cara Menanam Hidroponik dari Botol Bekas

Kamu harus mempersiapkan dulu semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat tanaman hidroponik dari botol aqua. Kamu dapat gunakan media apa saja yang ada disekamur kamu, Antara lain:

  • Botol Aqua bekas ukuran 1,5 liter.
  • Kain yang dapat menyerap air yang nanti akan digunakan sebagai sumbu.
  • Busa bekas dari jok atau kasur atau apapun yang ada di rumah Kamu atau dapat juga dengan kapas.
  • Kotak plastik bekas, yang akan digunakan untuk penyemaian benih. Atau dapat langsung menggunakan kompos sebagai media tanam kalau Kamu tidak ingin ribet dengan penyemaian.
  • Alat-alat pendukung seperti gunting, pisau, dan lain-lain.

Setelah semua bahan sudah kamu siapkan, mari ikuti langkah cara membuat tanaman hidroponik:

  • Potong botol bekas dengan menggunakan cutter atau bisa dengan pisau pas di tengah-tengahnya sehingga menjadi dua bagian.
  • Potong kain yang dapat menyerap air dengan panjang sekamur 20 cm dan lebar 2 cm.
  • Ikatkan kain tersebut pada leher botol atau dapat juga dengan melubangi tutup botol ditengahnya agar sumbu dapat masuk. Ini berfungsi untuk menyerap air dan menyuplai kebutuhan tanaman.
  • Masukan botol tadi secara terbalik dan isi air secukupnya di botol bagian bawahnya. Air tidak perlu banyak-banyak, cukup seperlima dari botol.

Sebagai permulaan, sebaiknya menanam sayuran karena masa panennya pendek sekamur 20-25 hari.

Kamu tidak harus bingung lagi mencari bibit buah atau sayur karena di sini menyediakan berbagai macam bibit buah dan juga sayuran yang sangat cocok di tanam secara hidroponik sekaligus pupuk untuk tanaman yang bisa kamu dapat pesan secara Online di www.kebunbibitbuah.com.

Kamu dapat membaca secara lebih detail tentang bagaimana cara menanam hidroponik dengan media yang lebih baik.

Sebaiknya periksa tanaman hidroponik Kamu secara berkala, jangan sampai air yang berada dalam botol habis. Cara mengisi ulang air hanya dengan mengangkat botol bagian atas. Akan lebih baik ketika air ini dicampur dengan pupuk sehingga menjadi larutan yang banyak akan vitamin yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan tanaman.

Itulah informasi tentang Cara Menanam Hidroponik dari Botol Bekas dan semoga bermanfaat buat semuanya yang ingin mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas.