PT Nissan Motor Indonesia selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) pada tahun 2007 lalu untuk pertama kalinya meluncurkan Nissan Grand Livina. Diluncurkannya Nissan Grand Livina ini dalam dua pilihan mesin yaitu mesin 1.5L dan mesin 1.8L dengan beberapa varian yang bisa dipilih seperti 1.5 SV, 1.5 XV, 1.8 XV dan varian yang paling tinggi yaitu 1.8 Ultimate. Nissan Grand Livina dalam masa peredarannya melakukan facelift dan meluncurkan varian yang terbaru yaitu HWS atau Highway Star dan Highway Star Autotech. Nissan Grand Livina ini sendiri adalah MPV kecil yang memiliki kepemilikan yang baik didalam penjualannya dan dikenal sebagai salah satu MPV kecil yang dibandrol dengan harga yang sangat wajar. Selain itu juga ini merupakan MPV yang aman dan nyaman terkait dengan sedan karena cukup rendahnya ground clearancenya.

Nissan Grand Livina yang bermain di segmen MPV ini menjadi competitor bagi beberapa mobil disegmen tersebut seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan beberapa mobil lain disegmen MPV. Lalu kelebihan apa yang ditawarkan Nissan Grand Livina untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya? Berikut beberapa kelebihan Nissan Grand Livina untuk bersaing dengan kompetitornya diantaranya yaitu :

  1. Eksterior

Nissan Grand Livina memiliki desain yang terlihat manis berkat bodinya yang panjang dan “ceper”. Terlihat begitu menarik dengan bentuk panggangan yang memanjang dan menghubungkan headlamp bagian kiri dan bagian kanannya. Nissan Grand Livina untuk headlamp nya menggunakan lampu halogen dan juga dilengkapi dengan foglamp halogen pada bagian bawahnya. Jika dilihat secara sekilas dari bagian depannya, Nissan Grand Livina ini memang terlihat mirip seperti sedan.

  1. Interior

Pada saat memasuki ruang kabinnya maka akan dapat dilihatnya tampilan interior yang dihiasi dengan warna hitam. Dimana pada bagian tengahnya diberi hiasan aksen chrome. Bagian dasbor dan doortrim nya menggunakan bahan yang berbentuk plastik, tetapi tetap membuatnya terlihat lebih berkualitas dibandikan dengan MPV kecil yang lainnya seperti Toyota Avanza. Untuk generasi prefacelift belum dilengkapi dengan Air Bag dan MID. Setir yang digunakannya, modelnya masih sama saja dengan yang ada pada Nissan Xtrail T31. Pada roda kemudinya memang belum ada kontrol Audio, tetapi meski begitu cukup rapi penataan tombol tombolnya sehingga akan memudahkan pengemudi untuk menggapainya. Dianutnya tata letak 7 kursi pada Nissan Grand Livina ini.

  1. Perfoma Mesin

Dihadirkan 2 pilihan mesin pada Nissan Grand Livina yaitu QR15DE 1.5L dan MR18DE 1.8L. Mesin 1.5L nya dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 107 HP pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan untuk mesin 1.8L dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 126 HP pada putaran mesin 5200 rpm.

Nissan Grand Livina terkenal sebagai MPV kecil yang nyaman digunakan dan cukup empuk suspensinya. Bagian handling nya juga mengubah sedan dan cukup stabil pada saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi berkat adanya ground clearance yang cukup rendah.

Berikut daftar harga Nissan Livina :

  • Grand Livina SV MT                                                      Rp. 200,9 juta
  • Grand Livina SV CVT                                                     Rp. 212,3 juta
  • Grand Livina XV MT                                                      Rp. 219,3 juta
  • Grand Livina XV CVT                                                     Rp. 230,6 juta
  • Grand Livina Highway Star CVT                                 Rp. 243,6 juta
  • Grand Livina Highway Star CVT Autech                   Rp. 257,8 juta