Apa yang Dimaksud Backlink PBN (Private Blog Network)

  • 2 min read
  • Aug 09, 2021
Backlink PBN

Apa yang dimaksud Backlink PBN (Private Blog Network) – Jika kamu sudah akrab dengan dunia SEO, mungkin kamu sudah tidak begitu asing dengan PBN. Hal itu berguna untuk meningkatkan website di mesin pencarian.

PBN juga dipercaya karena dapat memberi dampak positif pada website dan menghasilkan backlink bagi kamu. Tetapi, terdapat pro kontra dalam penggunaannya. Hal ini terjadi karena PBN ketika digunakan rentan terkena pelanggaran dari Google.

PBN adalah website yang bisa memberikan kehendak ke situs web lain dengan cara membangun link. Hal ini berguna ketika kamu sebagai pemilik web ingin meningkatkan peringkat web kamu pada halaman mesin pencari.

Pada dasarnya, PBN merupakan blog atau website biasa. Namun website tersebut berisi hal-hal yang  ditujukan untuk membangun dan mendapatkan backlink yang memiliki kualitas yang bagus atau rating yang tinggi.

Backlink adalah sebuah link yang berasal dari website luar yang terarah pada suatu web. Umumnya, PBN berdiri dari salah satu situs web yang berkualitas dengan domain yang telah expired. Biasanya domain tersebut memang tidak diperpanjang oleh pemilik website tersebut.

Baik itu email website lupa untuk memperpanjang masa aktif domain tersebut ataupun dengan sengaja tidak memperpanjang. Pada akhirnya web tersebut dipakai oleh pengguna lain untuk dijadikan situs yang membangun link bagus.

Pro dan Kontra dari Penggunaan PBN

Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan PBN, kamu dapat menilai bahwa PBN memiliki pro dan kontra.  PBN ini dapat berdampak negatif ketika penggunanya tidak tepat, sehingga berdampak merugikan website penggunanya. Tetapi PBN juga bisa berdampak positif yang akan membuat web menduduki peringkat tertinggi pada mesin pencarian.

Kelebihan PBN

PBN akan memberikan dampak positif bagi kamu, karena penggunaannya dapat memberikan sinyal kuat kepada mesin pencarian. Hal itu akan menunjukan halaman yang ditautkan dinilai terpercaya.

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa algoritma Google masih memakai link sebagai salah satu sinyal untuk menetapkan peringkat web menjadi teratas pada mesin pencarian. Pemilik web akan mempunyai kontrol pada link building yang bagus.

Sehingga akan memberikan nilai positif pada web yang lain yang ditaukan pada web kamu. Itulah positifnya penggunaan PBN. Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah jumlah web trafficnya akan meningkat.

Selain itu juga link juice akan berkualitas, serta meningkatkan peringkat website. Ketika web kamu ditampilkan, kamu memiliki kehendak yang bebas untuk mengarahkan link web yang akan kamu tuju. Baik itu dalam bentuk anchor text ataupun dengan cara lainnya.

Kekurangan PBN

Memang penggunaannya terlihat bagus, tetapi dalam penggunaanya memiliki resiko yang cukup fatal bagi web yang kamu gunakan. Web kamu akan terkena hukuman atau penalty dari pihak google jika melakukan manipulasi link bilding.

Dengan demikian, kejadian tersebut akan memiliki dampak yang buruk bagi web yang kamu gunakan. Karena peringkat web kamu akan menurunatau bahkan bisa sampai tarfficnya menghilang dari pencarian.

Jika web kamu jarang melakukan pembaharuan, biasanya web kamu akan dicurigai oleh pihak google. Bukan hanya itu, termasuk jika kamu memiliki aktifitas yang sedikit, ataupun tidak terdapat internal link di dalamnya.

Untuk memeriksa dan meninjau situs website dan link yang didapat dengan cara manual, google mempunyai tim khusus untuk melacaknya. Analisisnya akan mengarah terhadap kenaturalan link yang kamu tautkan.

Biaya yang kamu butuhkan juga untuk penggunaan PBN terbilang sangat tinggi. Selain itu proses pembuatannya bisa dikatan cukup ribet jika pembangunan PBNnya ingin terlihat maksimal.

Demikian bahasan apa yang dimaksud backlink pbn (private blog network). Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, apakah penggunaan backlink ini akan efektif untuk keberhasilan situs kamu? Berikan jawabannya dikolom komentar ya. Gunakan Backlink yang aman dari Jasa Backlink SEODigital.co.id