5 Manfaat Air Minum Berkualitas untuk Anak-anak

  • 3 min read
  • Jun 10, 2020
Air Minum Berkualitas

Air minum yang berkualitas memiliki beragam manfaat menguntungkan bagi manusia. Faktanya manusia dewasa memiliki kandungan air 55% – 60% dari berat tubuh. Tentu kebutuhan ini perlu disesuaikan dengan berbagai umur serta usia.

Apakah anak-anak membutuhkan air mineral layaknya manusia? Berbeda dengan manusia dewasa, anak-anak memiliki kandungan air yang lebih banyak yaitu berkisar di angka 70% – 80% dari berat tubuh [1].

Cairan akan menjadi kandungan yang dibutuhkan oleh anak-anak mengingat proses tumbuh kembang merupakan hal yang penting. Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, anak-anak membutuhkan cairan atau air di usia tertentu [5].

Amannya, ASI eksklusif menjadi asupan penting hingga 3 tahun pertumbuhan anak. Setelahnya, air putih atau mineral bisa diberikan secara berkala di usia 4-8 tahun dengan takaran 1,6 liter air atau 6 gelas per hari [2].

Untuk anak berusia di atas 9 tahun maka kebutuhan cairan hampir setara dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas per hari. Ada pula berbagai manfaat yang didapatkan dari meminum air berkualitas secara berkala.

  1. Menjaga Imunitas dan Kesehatan Fisik

Air merupakan salah satu unsur penyusunan darah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi baik ke seluruh tubuh. Selain itu kadar cairan yang tercukupi akan menjaga suhu tubuh tetap normal.

Manfaat air untuk kesehatan fisik juga terdiri dari beragam organ penting anak. Kesehatan dari air minum yang berkualitas akan membawa efek positif terhadap imunitas anak, terutama hilangnya cairan ketika anak aktif dalam bermain [2].

  1. Menyehatkan Mulut

Rongga mulut anak yang aktif dalam bermain akan menjadi cepat kering ketika kurangnya cairan. Dengan rutin minum air maka produksi air liur akan terjaga dan memberikan manfaat kesehatan gigi dan mulut.

Kurangnya jumlah air liur akan memberikan kesempatan tumbuhnya bakteri. Asupan jumlah air  yang cukup untuk anak akan menyehatkan bagian mulut dan rongga mulut [3].

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Anak-anak kerap memiliki gangguan sistem pencernaan baik itu sembelit maupun susah buang air besar. Asupan minuman yang cukup dan pola makan yang baik menjadi salah satu cara mencegahnya.

Adapula manfaat air minum berkualitas untuk anak agar terhindar dari berbagai penyakit pencernaan. Memberikan minum saat perut kosong untuk anak juga baik mencegah asam lambung [4].

  1. Meningkatkan Daya Fokus

Asupan air minum yang cukup dapat memberikan manfaat positif untuk tingkat konsentrasi anak. Daya kerja otak ditunjang oleh aliran oksigen dan darah ke seluruh tubuh yang mana air menjadi salah satu fungsinya [1].

Tentu pola pikir anak akan berkembang pesat bila ditunjang daya ingatan atau fokus yang tinggi. Kegiatan belajar sejak dini juga dengan mudah dapat diterapkan baik belajar menghitung maupun membaca.

  1. Menjaga Anak Tetap Aktif

Aktif dan anak merupakan dua kata yang tidak bisa dipisahkan. Kegiatan anak yang aktif merupakan indikasi tumbuh kembang yang baik dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Namun, untuk menjaga anak tetap aktif dibutuhkan kesehatan tubuh dan tulang. Air mineral yang berkualitas akan memberikan kandungan mineral terbaik seperti kalsium, kalium, magnesium, dan kandungan lainnya [5].

Tentu kebutuhan anak untuk tetap tumbuh kembang harus diimbangi gizi yang baik dari pola makannya. Maka, air akan memberikan efek positif guna melengkapi kesehatan anak di usianya yang sedang berkembang pesat.

AQUA terpercaya selama lebih dari 45 tahun dalam menghadirkan air minum berkualitas untuk keluarga dan anak. Diambil dari mata air pegunungan vulkanik dengan saringan alami serta kaya akan mineral. Tak kalah pentingnya, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air. Sehingga, kealamian mineral yang terkandung terjaga, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Kualitas air yang dipersembahkan hingga ke tangan kamu sudah melewati 9 kriteria dan 5 syarat air layak konsumsi oleh para ahli geo-hidrologi dan geologi [6].

AQUA membawa manfaat dari pegunungan di tiap tetesnya untuk kesehatan kamu dan si kecil. Karena Kesehatan Berawal Dari Sini, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://id.theasianparent.com/manfaat-air-putih-bagi-anak
  2. https://doktersehat.com/persentase-air-dalam-tubuh/
  3. https://www.alodokter.com/pantau-kondisi-kesehatan-melalui-air-liur
  4. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-pencernaan/sembelit-konstipasi/8-tips-sistem-pencernaan-lebih-baik/
  5. https://aqua.co.id/minum-air-sejak-dini-hindarkan-anak-dari-risiko-gangguan-kesehatan
  6. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/